Thursday, June 7, 2012

Charles Goodyear, penemu vulkanisasi ban, ban campuran karet, dan bahan lainnya


GOODYEAR (1800-1860) Charles Goodyear adalah warga negara Ameri­ka Serikat,
penemu vulkanisasi, ialah suatu proses kimia untuk memperbaiki mutu karet dengan jalan mencampur dengan belerang dan memanasinya. Goodyear mengarang buku tentang penemuannya. Buku itu terdiri dari dua jilid dan berjudul Kekenyalan Karet dan Variasinya (1853-1855). la lahir di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, pada tanggal 29 Desember 1800 dan meninggal di New York City pada tanggal 1 Juli 1860 pada umur 60 tahun

read more.......

Ketika masih remaja, ia bercita-cita jadi pendeta. Tapi ayahnya punya perusahaan kecil yang memproduksi barang-barang dari besi seperti pacul, sabit, gergaji, engsel pintu, dan sebagai-nya. Pada umur 21 tahun ia jadi karyawan ayahnya dan pada umur 24 tahun, ia kawin dengn Clarissa Beecher. Dari perkawinannya itu Goodyear dika­runiai tujuh orang anak. Tapi ketika ia berumur 30 tahun, perusahaan ayahnya bangkrut. Anak-anak bertambah besar dan biayanya makin banyak, la sering minta bantuan uang atau makanan dari tetangga atau teman-temannya. Tapi ia paling sering meminjam uang dan tidak sanggup mengembalikannya ia terpaksa meringkuk di dalam penjara untuk melunasi hutangnya.
Pada tahun 1834 pada umur 34 tahun, Goodyear mulai tertarik pada karet. Pada waktu itu sudah ada pabrik karet yang memproduksi jas hujan dari karet dan slang air dari karet. Tapi cuaca di Amerika sering berubah dengan tajam. Pada musim panas karet itu jadi lekat, lembek, dan kehilangan bentuk­nya yang semula. Pada musim dingin karet itu jadi kaku dan rapuh. Goodyear berusaha keras untuk menghilangkan sifat buruk karet, la mencampur karet dengan asam nitrat atau bahan kimia yang lain. la membuat eksperimen semacam ini selama 3 tahun tapi tidak mendapatkan hasil, la membuat ekspe­rimen di dalam penjara. Setelah bebas ia berhutang lagi pada kenalannya untuk melanjutkan eksperimennya. Pa­da tahun 1837 ia bertemu dengan Nathaniel M. Hayward (1808-1865), bekas karyawan pabrik karet Roxbury. Hayward juga membuat eksperimen dan berhasil menemukan bahwa karet yang dicampur dengan belerang tidak jadi lekat pada musim panas.Pada suatu hari secara kebetulan Goodyear menjatuhkan campuran karet dan belerang ke atas tungku api yang panas, la sangat heran karena campur­an itu tidak meleleh. Ketika keesokan harinya campuran itu dingin, ia bertam­bah heran lagi. Campuran itu jadi kenyal, kedap air, dan kedap udara. Ketika dipanaskan lagi karet tersebut tidak lekat, lembek, atau berubah bentuk. Secara kebetulan Goodyear telah menemukan vulkanisasi. 

No comments:

Post a Comment